Sabtu, 04 Agustus 2012

Manajemen Risiko Kesehatan Penerbangan


Manusia biasa hidup di permukaan bumi dengan tekanan udara 1 Atmosphir. Seperti kita ketahui bersama pada transportasi penerbangan kondisi lingkungan dalam kabin jauh berbeda, yang dapat menyebabkan terjadi perubahan-perubahan fisiologis pada manusia. Kadang keluhan yang timbul dianggap suatu penyakit, sesungguhnya hal tersebut akibat dari perubahan tekanan udara dalam lingkungan penerbangan yang bersifat hiperbarik, hipotermi, dan hipohumidity. Keadaan tersebut dapat mengakibatkan gangguan fisiologi tubuh manusia, sehingga bagi yang sudah menderita sakit tertentu akan memperberat penyakitnya bahkan dapat mengakibatkan kematian. Para penumpang yang memerlukan perhatian khusu antara lain ibu hamil, bayi dan usia lanjut.

                          
Tujuan

Tercegahnya masalah kesehatan penerbangan dan terlaksananya penatalaksanaan kesehatan penerbangan pada jemaah haji.



Uraian Materi

Pengaruh lingkungan penerbangan terhadap faal tubuh

1.     Atmosfir: adalah lapisan udara yang mengelilingi bumi, disebut juga payung atau selimut bumi yang terdiri dari campuran gas-gas, cairan, dan benda padat serta terbentang mulai dari permukaan bumi sampai ketinggian 700 km (400 mil), sedangkan lapisan diatasnya adalah ruang angkasa yang terbentang diatas 700 km. Unsur-unsur gas yang dominan meliputi gas nitrogen (N2) sebesar 78,08%, Oksigen (02) sebesar 20,95%, C02 sebesar 0,03%, sedangkan sisanya yang 0,001% merupakan gas krypton, xenon, neon, helium, argon, hydrogen, dan radon. Secara fisik atmosfir mempunyai lapisan, antara lain:

a.     Troposfer: lapisan paling bawah dan paling tipis yang terbentang pada ketinggian 0 - 12 km yang mempunyai sifat berubah-ubah, terdapat uap air dan hujan, kelembaban berbeda-beda, suhu turun secara teratur dengan bertambahnya ketinggian, arah dan kecepatan angin berubah-ubah. Karena itu sifatnya itu pada lapisan ini kurang baik untuk penerbangan.
b.     Stratosfer: terbentang pada ketinggian 50 - 80 km, suhu tetap 56,5 C meskipun ketinggian berubah- rubah, tidak terdapat uap air dan turbulensi. Lapisan ini lebih ideal untuk penerbangan hanya lapisan udaranya tipis maka diperlukan perlindungan khusus seperti kabin bertekanan dan lain-lain.
c.     Ionosfir: terbentang pada ketinggian 6000 - 1000 km. Lapisan ini mempunyai suhu yang tinggi sampai 2000 C.
d.     Eksosfir: merupakan lapisan yang paling atas yang disebut juga outer atmophere sedang lapisan-Iapisan sebelumnya disebut juga atmosphere. Secara fisiologis atmosfir mempunyai beberapa daerah antara lain daerah fisiologis yang terbentang dari permukaan bumi sampai ketinggian 10.000 kaki. Didaerah ini manusia jelas mengalami perubahan faal pada tubuhnya, tingkat 02 nya cukup untuk mempertahankan manusia tetap samapta tanpa bantuan alat khusus. Daerah kurang fisiologis yang terbentang diatas 10.000 km dengan akibat menurunnya tekanan parsiil 02 dan dapat mengalami gangguan faal tubuh. Daerah ekivalen dengan ruang angkasa, pada ketinggian FL 630 dikenal istilah Amstrong Line yang tekanannya sebesar 47 mmhg sama dengan tekanan uap air sehingga molekul cairan terlepas menimbulkan efek yang disebut balling efect. Berat 1 m3 udara pada ketinggian permukaan laut dengan tekanan 760 mmhg dan suhu 1 C adalah 1293 g. Akibat gaya tarik bumi maka udara makin ke atas makin renggang sehingga tekanan udaranya makin rendah.
2.     Penqaruh ketinqqian Pada faal tubuh: pada dasarnya lapisan udara makin keatas makin renggang dan makin rendah tekanannya dan makin kecil pula tekanan parsiil 02 nya. Manusia dapat hidup pada tekanan 760 mmhg, pada suhu tropis 20 - 30 C dan kebutuhan total udara kering sebesar 20,9 %, sedangkan tekanan udara parsiil 02 sebesar 159 mmhg, sedang udara dalam alveoli sebesar 40 mmhg dan saturasi sebesar 98 %.
3.     Hipoksia: Prinsip hukum diffusi gas dari tekanan tinggi ke rendah. Dimana jaringan tubuh kekurangan 02.
4.     Disbarisma: Semua kelainan yang terjadi akibat perubahan tekanan kecuali hipoksia. Problema trapped gas adalah rongga-rongga yang terdapat dalam tubuh kita seperti saluran penecernaan, disitu udara akan mengembang dan menimbulkan rasa mual sampai sesak begitu juga bila terjadi pada telinga tengah. Problema evolved gas, terjadi pada ketinggian tertentu yang larut dalam cairan tubuh atau lemak. Mulai pada ketinggian 25.000 kaki gelembung gas N2 yang lepas mulai menunjukan gejala klinis gatal atau kesemutan, rasa tercekik sampai terjadi kelumpuhan. Untuk mencegahnya perlu dilakukan denitroenisasi dengan 100 % 02 dan lamanya tergantung pada ketinggian yang hendak dicapai dan berapa lama di ketinggian tersebut.
5.     Penqaruh kecepatan dan percepatan terhadap faal tubuh: Akibat kecepatan dan percepatan yang tinggi mempunyai efek terhadap faal tubuh.

Beberapa Masalah Kedokteran Pada Penerbangan Jarak Jauh

1.   Motion sicknes bukanlah merupakan suatu penyakit namun respon normal terhadap gerakan-gerakan dan situasi yang tidak biasa dijumpai dengan gejala mual, keringat dingin, pusing, lethargi, dan muntah. Wanita lebih berisiko dari pria. Untuk mencegahnya jangan melakukan perjalanan dalam keadaan perut kosong. Bila mual usahakan kepala tetap tegak. Jangan membaca menunduk, usahakan pandangan lurus kedepan. Sedang obat-obat dapat menggunakan dramamine, antihistamin lainnya.
2.   Nyeri sinus- telinga dan gigi. Volume udara dalam telinga tengah dan sinus akan mengembang sekitar 25 % pada tekanan 5000 - 8000 kaki. Bila saluran yang menghubungkan antara rongga-rongga tersebut dengan hidung baik maka tidak akan menimbulkan keluhan. Nyeri pada gigi biasanya akibat gangren atau pulpitis. Bila telinga terasa tersumbat maka lakukan manuver valsava yaitu meniupkan udara melalui hidung dengan dengan mulut dan hidung. tertutup dengan harapan saluran tuba eustachii akan terbuka. Untuk pencegahan sebaiknya tidak terbang bila sedang flu, pilek dan sinusitis.
3.     Kedaruratan medik pada manusia usia lanjut
Penerbangan haji akan terasa nyaman dan tidak menjadi masalah bagi mereka yang sering bepergian dengan pesawat terbang. Akan tetapi, bagi mereka yang belum pernah naik pesawat terbang atau bahkan kereta api sekalipun, penerbangan haji yang berlangsung sekitar 8 - 10 jam dari tanah air hingga Arab Saudi dapat menimbulkan beberapa kesulitan atau perasaan tidak nyaman terutama pada jemaah haji Indonesia yang sebagian besar termasuk LANSIA.

Pesawat terbang pada perjalanan haji biasanya terbang pada ketinggian antara 30.000--40.000 kaki, dengan tekanan udara di dalam kabin penumpang dan kokpit di atur secara otomatis sehingga kondisi udara (suhu dan tekanannya) seperti pada ketinggian 5000--8000 kaki. Pada ketinggian itu, suhu udara kurang dari 20ºC dan tekanan udara adalah sekitar 550 mmHg.

Sementara itu, pada ketinggian terbang 30.000 kaki, kondisi udara pesawat terbang memiliki suhu -40ºC dan tekanan udara hanya 225 mmHg. Dalam kondisi seperti itu, tanpa kabin bertekanan, manusia akan segera pingsan dan beberapa detik kemudian akan meninggal. Hal ini disebabkan otak kehabisan oksigen serta paru-paru dan jantung tidak berfungsi.

Dengan memahami pengaruh lingkungan penerbangan, diharapkan calon jemaah haji, calon Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), petugas/instansi penyelenggara haji Indonesia (pramugara/i, penceramah dalam manasik haji, petugas bandar udara, dan lain-lain dapat melakukan berbagai persiapan untuk mencegah kemungkinan timbulnya berbagai hal yang kurang baik dan membuat penerbangan menjadi nyaman.

a.   Pengaruh Kelembaban, Udara Kering dan Dehidrasi

Kelembaban (hunmiditas):
Berbeda dengan udara lembab yang terdapat di kota-kota dekat pantai, misalnya Medan, Jakarta dan Makassar yang derajat kelembabannya (humiditas) 80--95%, udara di dalam kabin penumpang ternyata lebih kering. Kondisi udara di dalam kabin bertekanan pada tempat penumpang berada, yang setara dengan kondisi udara pada ketinggian 5000--8000 kaki, kelembaban (humiditas)-nya adalah 40--50%.

Udara kering:
Kelembaban yang rendah atau udara kering akan memudahkan penguapan dari keringat melalui pori-pori kulit tubuh sehingga tanpa disadari ternyata tubuh telah kehilangan banyak cairan tubuh, hal ini akan lebih berbahaya bila terjadi pada Lansia.

Penguapan keringat:
Kehilangan keringat di lingkungan udara yang kering tidak disadari sehingga dapat mengancam kesehatan tubuh. Apalagi bila disertai jumlah urine yang bertambah banyak akibat udara yang dingin, akan sangat berbahaya pada kondisi fisik dan fisiologi tubuh jemaah haji Lansia.

Dehidrasi:
Penguapan keringat disertai pengeluaran urine yang berlebihan, apalagi jika tidak diimbangi dengan minum secukupnya maka akan terjadi dehidrasi. Dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh calon jemaah haji (penumpang) kehilangan dan kekurangan cairan (yang diikuti pula dengan kehilangan dan berkurangnya garam tubuh). Adapun gejalanya adalah otot pegal, haus dan lain-lain. Menanggulanginya adalah dengan minum secukupnya, menghabiskan makanan yang dihidangakan oleh pramugari dan memakai krim kulit atau salep vaseline.



b.   Udara dingin:
Udara dingin atau sejuk selama penerbangan sekitar 8--10 jam akan merangsang otak mengeluarkan hormon yang meningkatkan produksi air seni (urine). Hal ini akan menyebabkan kandung kemih cepat penuh yang merangsang pengeluaran urine sehingga ingin berkali-kali ke kamar kecil (toilet).

Pembesaran prostat
Pada beberapa lanjut usia (lansia) yang menderita pembesaran  (hipertrofi) kelenjar prostat akan mengalami hambatan pada saluran urine sehingga tidak dapat berkemih. Untuk menolong penderita tersebut perlu dilakukan pemasangan kateter.

Anemia hipoksia
Yaitu sel darah kekurangan zat hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah. Kita ketahui hemoglobin berfungsi untuk mengangkut oksigen. Hipoksia ini dapat dialami oleh penderita anemia. Calon jemaah haji Lansia sebagian besar menderita penyakit anemia. Penderita anemia sebagian besar dari kalangan petani dan nelayan yang status gizinya kurang baik.

c.   Kelelahan
Adalah suatu keadaan dimana efisiensi kerja menurun secara progresif disertai perasaan tidak enak badan, penurunan daya tahan tubuh, dan efisiensi jasmani dan daya berpikir.

Penyebab kelelahan:
Persiapan dan perjalanan dari kampung halaman menuju ke asrama haji, menunggu keberangkatan lalu tiba di bandar udara, selanjutnya menunggu lagi, lalu duduk di kursi penumpang pesawat terbang haji selama lebih dari 8 jam penerbangan, semua itu menyebabkan kelelahan. Vibrasi atau getaran serta bising (noise) yang ditimbulkan oleh empat buah mesin jet pesawat terbang, walaupun kadarnya ringan, ikut menambah beban yang menghasilkan kelelahan serta mengganggu nafsu makan serta nyenyaknya tidur penumpang. Seharusnya, waktu selama dalam penerbangan tersebut dimanfaatkan untuk tidur supaya menghilangkan kelelahan.

Lokasi dan gejala:
Kelelahan dapat terjadi lokal (lelah sebagian tubuh seperti lengan, tungkai dan lain-lain) dan umum (lelah seluruh tubuh). Gejala atau tanda-tanda lelah yang biasa ditemukan ialah pegal-pegal (sendi dan otot) dan tanda-tanda mental yaitu gugup, mudah tersinggung (pemarah), sukar berpikir, sukar tidur, sakit kepala, waktu untuk bereaksi lebih lambat, pelupa, kurang teliti, kondisi menurun, daya memutuskan pendapat (judgement) mulai terganggu, mata lelah, gangguan saluran penecernaan, nafsu makan menurun, dan lain-lain.

Pencegahan
Upaya pencegahan dilakukan dengan menghilangkan atau mengurangi faktor-faktor penyebab kelelahan (meliputi faktor kejiwaan, fisik dan faal tubuh), antara lain dengan tidur yang cukup, yaitu sekitar 8 jam sehari/semalam, menggunakan masa istirahat sebaik-baiknya, makan sesuai ketentuan gizi kesehatan (cukup jumlah dan gizi, bersih, tidak terlalu merangsang/pedas, dan lain-lain), dan menghindari pekerjaaan yang melelahkan.

d.   Aerotitis atau barotitis.
Rasa sakit atau gangguan pada organ telinga bagian tengah yang timbul sebagai akibat adanya perubahan tekanan udara sekitar tubuh disebut aerotitis/barotitis.  Barotitis dapat terjadi baik pada waktu naik (ascend) maupun turun (descend). Hanya saja pada waktu menurun, presentase kemungkinan  terjadinya lebih besar daripada waktu naik. Hal ini disebabkan sifat atau bentuk tuba Eustachius yang lebih mudah mengeluarkan udara dari bagian telinga ke tenggorokan daripada sebaliknya. Hal akan sangat berbahaya pada penumpang Lansia yang yang pengetahuannya kurang dan fungsi faal tubuh sudah berkurang, bahkan dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga.

e.   Pengembangan gas dalam saluran pencernaan
Rasa sakit atau rasa kurang enak dapat terjadi pada saluran pencernaan makanan sebagai akibat perubahan tekanan di luar tubuh. Gangguan pada saluran pencernaan ini lebih jarang terjadi, tetapi dampaknya akan lebih berbahaya karena rasa sakitnya lebih hebat sehingga dapat menyebabkan orang tersebut jatuh pingsan. Bila gas cukup banyak jumlahnya, apalagi tidak mendapat jalan kerluar (kentut), maka akan menekan dinding lambung dan menimbulkan rasa sakit yang hebat. Oleh karena itu, sebelum melakukan penerbangan hendaknya menghindari minuman yang mengandung gas, antara lain: minuman bersoda, sebagainya. Selain itu tidak dibenarkan memakan makanan yang dapat menghasilkan gas dalam lambung, misalnya kacang-kacangan, ubi jalar, kubis, petai, bawang, jengkol dan sebagainya.

f.    Kamar kecil, toilet atau jamban
Jamban atau toilet atau WC yang berada di kamar kecil berbeda pada setiap tipe pesawat terbang haji (Boeing-747, Airbus-300, DC-100, dan lain-lain). Biasanya toilet berlokasi di bagian depan, tengah dan belakang di dalam kabin penumpang.
Bagi calon jemaah haji yang di rumahnya terbiasa jongkok ketika buang air besar (BAB) maka perlu membiasakan diri untuk BAB dengan cara duduk.
Bila di rumah terbiasa menyiram tinja/feces dalam kloset dengan menuangkan atau mengguyur air, maka dalam toilet di pesawat terbang, tinja akan tersiram dan tersedot oleh tekanan udara, segera setelah tombol dengan tanda flush atau press ditekan.
Calon jemaah haji  yang di rumahnya terbiasa menggunakan gayung air untuk membersihkan dubur (cebok atau cawik), maka dalam penerbangan sebaiknya menggunakan kertas (tissue) yang dibasahi air. Untuk mengeluarkan air dari kran, cukup tekan tombol yang letaknya di bagian atas dari kran air tersebut. Fakta menunjukkan bahwa karena kurangnya pengetahuan dan kurang memperhatikan penjelasan ketika manasik haji dan malu bertanya, akan mendapat kesulitan sendiri bagi calon jemaah haji. Bahkan banyak kejadian jemaah yang menahan tidak BAK selama penerbangan haji, hal akan menyebabkan komplikasi penyakit lain. Bila beser (sering BAK) dan tidak ingin bolak balik ke wc di pesawat terbang (misalnya akibat stroke atau lansia sudah uzur), maka perlu membawa pampers.

Persiapan Menjelang Keberangkatan
Dengan memperhatikan hasil pemeriksaan dan pengobatan oleh dokter rumah sakit atau puskesmas, calon haji dapat mengetahui apakah ia menderita penyakit tertentu yang dapat menjadi masalah dalam penerbangan. Penyakit-penyakit tersebut antara lain tekanan darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes melitus), penyakit jantung, batuk dan sesak nafas (asma paru, bronkhitis, TBC atau sakit jantung, penyakit liver, pembesaran kelenjar prostat, gigi berluang atau gangren, penyakit remautik, lumpuk akibat stroke, sakit maag (ulu hati, gastritis) ambeien (wasir, hemorrhoid), penyakit tekanan bola mata tinggi (glaukoma), hamil dan lain-lain. Pada derajat ringan yang ringan, penderita salah satu penyakit tersebut, terkadang masih diluluskan.



g.   Waspadai ancaman Deep Vein Thrombosis (DVT) dan Emboli (Sindroma Kelas Ekonomi).
lihat penjelasan dibawah

h.   Mewaspadai darurat jantung pada penerbangan haji terutama Lansia
Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang rawan terhadap berbagai tekanan situasi selama kegiatan ibadah haji, termasuk dampak penerbangan haji yang cukup panjang. Terdapat jenis penyakit jantung yang digolongkan sebagai kelompok penyakit berisiko tinggi (risti) atau high risk disease adalah penyakit jantung koroner (PJK). Oleh karena lebih dari 60% yang menunaikan ibadah haji berusia 45 tahun keatas, maka akan sangat mungkin mewaspadai penyakit jantung koroner. Melihat pada masalah deep vein thrombosis (DVT) dan emboli paru, akibat kurangnya perhatian terhadap pencegahan, telah jatuh banyak korban dalam penerbangan-penerbangan jarak jauh di berbagai belahan bumi ini. Di Amerika serikat data kematian penumpang rata-rata 43--47 orang setiap tahun, dan dua pertiganya adalah pengidap penyakit jantung. Mengingat menunaikan ibadah haji adalah hak setiap muslim, dilaksanakan melalui persiapan yang cukup panjang, atas niat yang sangat luhur, tidak ada seorangpun yang berhak melarangnya. Oleh karena itu setiap dokter yang terkait dengan pelayanan jemaah haji harus memposisikan diri secara bijak dan dilandasi oleh niat untuk membantu setiap jemaah haji agar dapat melaksanakan ritual ibadahnya dengan khusuk dan dengan risiko yang sekecil-kecilnya.

i.    Mewaspadai Penyakit Paru Obstruksio Kronis (PPOK)
Bagi jemaah haji yang sehat, penerbangan haji dari sudut pulmonologi tidak ada masalah, akan tetapi bagi jemaah haji yang mempunyai penyakit paru-paru seperti obstruksi kronik (PPOK), kemampuan paru untuk mengatasi dampak buruk akibat rendahnya tekanan udara dalam kabin pesawat. Jemaah haji yang menderita PPOK sebaiknya ditangani secara khusus agar risiko terhadap dampak buruk penerbangan haji dapat ditekan serendah mungkin. Harus diwaspadai kemungkinan terjadi hipoksemia dalam penerbangan.

j.    Obstructive Sleep Apnea
Obstructive Sleep Apnea (OSA) adalah fenonema berkurangnya atau terhentinya aliran udara pernafasan yang terjadi saat tidur akibat radius saluran pernafasan yang menyempit atau obstruksi dari saluran pernafasan. ASA mempunyai peran sebagai penyebab kematian hipertensi, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, serta penyebab kematian mendadak (sudden death).  OSA sangat penting diperhatikan mengingat penerbangan haji adalah penerbangan jarak jauh, mengingat risiko mati mendadak dan kecelakan yang disebabkannya.

k.   Sakit Kepala Pada Penerbangan Haji
Setiap tahun jemaah haji Indonesia berjumlah lebih dari 200 ribu orang, dimana lebih dari 40% termasuk usia lanjut (Lansia). Walaupun para jemaah haji sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan cermat dan lengkap, namun tidak jarang dalam perjalanan penerbangan timbul gangguan, keluhan yang dirasakan tidak nyaman, salah satu keluhan itu adalah pusing bahkan sampai sakit kepala, dari ringan sampai berat. Penurunan tekanan udara menjadikan penurunan tekanan oksigen di dalamnya sehingga jumlah oksigen yang dihirup untuk memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh relatif semakin berkurang (hipoksia). Gangguan ini akan memicu pelebaran pembuluh darah dan terlepasnya zat-zat mediator inflamasi yang pada akhirnya akan mempengaruhi kepekaan saraf-saraf nyeri di kepala. Bagi sebagian jemaah haji keadaan ini sudah dapat memberikan gangguan rasa kenyamanan, terutama sakit kepala, apalagi pada penderita gangguan jantung dan pernafasan kronis. Sakit kepala atau nyeri kepala adalah istilah umum dari sefalgia, merupakan rasa nyeri atau rasa tidak mengenakan pada pada daerah atas kepala memanjang dari rongga mata sampai daerah kepala belakang. Derajat rasa sakit kepala adalah subyektif, namun secara umum dapat dibedakan menjadi rasa sakit kepala ringan, sedang, dan berat.

l.    Jemaah Haji Wanita Hamil
Pada kehamilan memasuki usia 28 minggu atau lebih trimester terakhir, uterus atau rahim sangat sensitif terhadap rangsangan baik dari luar maupun dari dalam rahim sendiri. Rangsangan dari luar rahim dapat berupa guncangan, getaran (vibrasi) saat terjadi turbulensi, perubahan tekanan atmosfer dan tekanan oksigen.  Rangsangan diatas dapat menimbulkan kontraksi yang berlebihan pada dinding/otot rahim. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya persalinan prematur. Perlu diperhatikan oleh TKHI (khususnya Flight Nurse) pemasangan sabuk pengaman. Sabuk pengaman dipasang pada panggul agar tidak terjadi Seat Belt syndrom.

m. Jemaah haji berlensa kontak
Yang perlu diperhatikan pada pemakai lensa kontak:
·         Penurunan tekanan dalam ruang kabin, bila pemasangan lensa kontak terlalu ketat dan terdapat udara diantara lensa kontak dan selaput bening mata, udara tersebut akan mengembang, akibatnya lensa kontak akan terlepas, apabila lensa kontak tersebut keras dan tidak dapat dilewati udara.
·         Kelembaban yang rendah. Pemakai lensa kontak dengan air mata yang normal tidak banyak mengalami persoalan, tetapi bagi mereka yang mengalami gangguan air mata akan merasakan gangguan penglihatan.


·         Dengan kelembaban rendah dan kondisi oksigen tipis selaput bening pemakai lensa kontak akan terjadi edema (pembengkakan), akibatnya terjadi gangguan ketajaman penglihatan dan kurang nyaman.