Minggu, 06 Mei 2012

Penilaian Tanda Kegawatdaruratan

Apakah pernapasan anak kelihatan tersumbat? Lihat dan dengar apakah ada aliran udara napas yang tidak adekuat selama bernapas. Apakah ada gangguan pernapasan yang berat? Pernapasan anak sangat berat, anak menggunakan otot bantu pernapasan (kepala yang menganggukangguk), apakah pernapasan terlihat cepat, dan anak kelihatan mudah lelah? Anak tidak bisa makan karena gangguan pernapasan.Apakah ada sianosis sentral? Terdapat perubahan warna kebiruan/keunguan pada lidah dan mukosa mulut.

Menilai sirkulasi (circulation = C) (untuk syok)
Periksa apakah tangan anak teraba dingin? Jika ya: Periksa apakah capillary refill lebih dari 3 detik. Tekan pada kuku ibu jari tangan atau ibu jari kaki selama 3 detik sehingga nampak berwarna putih.Tentukan waktu dari saat pelepasan tekanan hingga kembali ke warna semula (warna merah jambu). Jika capillary refill lebih dari 3 detik, periksa denyut nadi anak. Apakah denyut
nadi anak tersebut lemah dan cepat? Jika denyut nadi pergelangan tangan (radius) kuat dan tidak terlalu cepat, anak tidak mengalami syok. Jika tidak dapat dirasakan adanya denyut nadi radius pada bayi (kurang dari 1 tahun), rasakan denyut nadi leher, atau jika bayi berbaring rasakan denyut nadi femoral. Jika tidak dapat dirasakan denyut nadi radius, cari karotis. Jika ruangan terlalu dingin, gunakan denyut nadi untuk menentukan apakah anak dalam keadaan syok.



Menilai koma (coma = C) atau kejang (convulsion = C) atau kelainan status mental lainnya
Apakah anak koma? Periksa tingkat kesadaran dengan skala AVPU:
A: sadar (alert)
V: memberikan reaksi pada suara (voice)
P: memberikan reaksi pada rasa sakit (pain)
U: tidak sadar (unconscious)

Jika anak tidak sadar, coba untuk membangunkan anak dengan berbicara atau mengguncangkan lengan Anak. Jika anak tidak sadar, tetapi memberikan reaksi terhadap suara, anak mengalami letargis. Jika tidak ada reaksi, tanyakan kepada ibunya apakah anak mempunyai kelainan tidur atau susah untuk dibangunkan.
Lihat apakah anak memberikan reaksi terhadap rasa sakit atau tidak. Jika demikian keadaannya berarti anak berada dalam keadaan koma (tidak sadar) dan memerlukan pengobatan gawat darurat.Ap akah anak kejang? Apakah ada kejang berulang pada anak yang tidak memberikan reaksi? 

Menilai dehidrasi (dehydration = D) berat pada anak diare Apakah mata anak cekung?
Tanyakan kepada ibunya apakah mata anak terlihat lebih cekung daripada biasanya. Apakah cubitan kulit perut (turgor) kembali sangat lambat (lebih lama dari2  detik)? Cubit kulit dinding perut anak pertengahan antara umbilikus dan dinding perut lateral selama 1 detik, kemudian lepaskan dan amati.

Menilai tanda Prioritas
Pada saat melakukan penilaian tanda kegawatdaruratan, catat beberapa tanda prioritas yang ada: Apakah ada gangguan pernapasan (tidak berat)?Apakah anak tampak lemah(letargi) atau rewel atau gelisah?
Keadaan ini tercatat pada saat menilai koma. Catat juga tanda prioritas lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar