Kamis, 04 Oktober 2018

PENYIMPANAN VAKSIN



Untuk menjaga kualitas vaksin tetap tinggi sejak diterima sampai didistribusikan ketingkat berikutnya (atau digunakan), vaksin harus selalu disimpan pada suhu yang telah ditetapkan, yaitu:

a.  Provinsi
1)    Vaksin Polio disimpan pada suhu -150C s/d -250C pada freeze room atau freezer.

2)   Vaksin lainnya disimpan pada suhu 2oC s/d 8oC pada coldroom atau lemari es.

b.   Kabupaten/kota
1)   Vaksin polio disimpan pada suhu -15oC s/d -25oC pada freezer.
2)   Vaksin lainnya disimpan pada suhu 2 oC s/d 8oC pada coldroom atau lemari es.

c.    Puskesmas
1)   Semua vaksin disimpan pada suhu 2 oC s/d 8 oC, pada lemari es.
2)   Khusus vaksin Hepatitis B, pada bidan desa disimpan pada suhu ruangan, terlindung dari sinar matahari langsung.


Penyimpanan pelarut vaksin pada suhu 2oC s/d 8oC atau pada suhu ruang terhindar dari sinar matahari langsung. Sehari sebelum digunakan, pelarut disimpan pada suhu 2oC s/d 8 oC.

Beberapa ketentuan yang harus selalu diperhatikan dalam pemakaian vaksin secara berurutan adalah paparan vaksin terhadap panas, masa kadaluwarsa vaksin, waktu pendistribusian/penerimaan serta ketentuan pemakaian sisa vaksin.

a.   Keterpaparan vaksin terhadap panas
Vaksin yang telah mendapatkan paparan panas lebih banyak (yang dinyatakan dengan perubahan kondisi VVM A ke kondisi B) harus digunakan terlebih dahulu meskipun masa kadaluwarsanya masih lebih panjang. Vaksin dengan kondisi VVM C dan D tidak boleh digunakan. 

b.   Masa kadaluarsa vaksin
Apabila kondisi VVM vaksin sama, maka digunakan vaksin yang lebih pendek masa kadaluwarsanya (Early Expire First Out/EEFO)
c.    Waktu penerimaan vaksin (First In First Out/FIFO)

Vaksin yang terlebih dahulu diterima sebaiknya dikeluarkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan asumsi bahwa vaksin yang diterima lebih awal mempunyai jangka waktu pemakaian yang lebih pendek.
d.   Pemakaian Vaksin Sisa
Vaksin sisa pada pelayanan statis (Puskesmas, Rumah Sakit atau praktek swasta) bisa digunakan pada pelayanan hari berikutnya. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi adalah:

1)   Disimpan pada suhu 2 0C s.d. 8 0C
2)   VVM dalam kondisi A atau B
3)   Belum kadaluwarsa
4)   Tidak terendam air selama penyimpanan
5)   Belum melampaui masa pemakaian.

Tabel 10. Masa Pemakaian Vaksin Sisa


Jenis Vaksin


Masa Pemakaian

Keterangan

POLIO
2
Minggu

Cantumkan tanggal


TT
4
Minggu

pertama kali vaksin


DT
4
Minggu

digunakan












Td
4
Minggu




DPT-HB-Hib


4
Minggu












BCG


3
Jam


Cantumkan waktu vaksin


Campak


6 Jam


dilarutkan








Vaksin sisa pelayanan dinamis (posyandu, sekolah) tidak boleh digunakan kembali pada pelayanan berikutnya, dan harus dibuang. 

e.    Monitoring vaksin dan logistik
Setiap akhir bulan atasan langsung pengelola vaksin melakukan monitoring administrasi dan fisik vaksin serta logistik lainnya. Hasil monitoring dicatat pada kartu stok dan dilaporkan secara berjenjang bersamaan dengan laporan cakupan imunisasi.

4.   Sarana penyimpanan

a.     Kamar dingin dan kamar beku
1)        Kamar dingin (cold room) adalah sebuah tempat penyimpanan vaksin yang mempunyai kapasitas (volume) mulai 5.000 liter (5 M3) sampai dengan 100.000 liter (100 M3). Suhu bagian dalamnya mempunyai kisaran antara +2oC s/d +8oC. Kamar dingin ini berfungsi untuk menyimpan vaksin BCG, campak, DPT, TT, DT, hepatitis B dan DPT-HB.
2)        Kamar beku (freeze room) adalah sebuah tempat penyimpanan vaksin yang mempunyai kapasitas (volume) mulai 5.000 liter (5 M3) sampai dengan 100.000 liter (100 M3), suhu bagian dalamnya mempunyai kisaran antara -15oC s/d -25oC. Kamar beku utamanya berfungsi untuk menyimpan vaksin polio.

Kamar dingin dan kamar beku umumnya hanya terdapat di tingkat provinsi mengingat provinsi harus menampung vaksin dengan jumlah yang besar dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Secara teknis sistem pendingin kamar dingin dan kamar beku dibagi dalam 3 (tiga) sistem, yaitu:

1)        Sistem pendingin dengan menggunakan “Hermatic Compressor”;
2)        Sistem pendingin dengan menggunakan “Semi Hermatic Compressor”; dan

3)        Sistem pendingin dengan menggunakan “Open type Compressor”.

Aturan pengoperasian kamar dingin dan kamar beku:
1)        Kamar dingin/kamar beku harus dioperasikan secara terus menerus selam 24 jam.

2)        Listrik dan suhu bagian dalam harus selalu terjaga.
3)        Kamar dingin/kamar beku hanya untuk menyimpan vaksin.

Setiap kamar dingin/kamar beku mempunyai atau dilengkapi dengan:
1)        2 (dua) buah cooling unit sebagai pendinginnya dan diatur agar cooling unit ini bekerja bergantian.
2)        Satu unit generator (genset) automatis atau manual yang selalu siap untuk beroperasi bila listrik padam.

3)        Alarm control yang akan berbunyi pada suhu di bawah +2oC atau pada suhu di atas +8 oC atau pada saat power listrik padam.

4)        Satu buah termograf yang dapat mencatat suhu secara automatis selama 24 jam.
5)        Satu thermometer yang terpasang pada dinding luar kamar dingin atau kamar beku.
6)        Freeeze watch atau freeze-tag yang harus diletakkan pada bagian dalam kamar dingin untuk mengetahui bila terjadi penurunan suhu dibawah 0oC.

Pemantauan kamar dingin dan kamar beku:
1)        Periksa suhu pada termograf dan thermometer setiap hari pagi dan sore. Bila terjadi penyimpangan suhu segera laporkan pada atasan;

2)        Jangan masuk ke dalam kamar dingin atau kamar beku bila tidak perlu;
3)        Sebelum memasuki kamar dingin atau kamar beku harus memberitahu petugas lain;

4)        Gunakan jaket pelindung yang tersedia saat memasuki kamar dingin atau kamar beku;

5)        Pastikan kamar dingin dan kamar beku hanya berisi vaksin;
6)        Membuka pintu kamar dingin atau kamar beku jangan terlalu lama

7)        Jangan membuat cool pack bersama vaksin di dalam kamar dingin, pembuatan cool pack harus menggunakan lemari es tersendiri;
8)        Jangan membuat cold pack bersama vaksin di dalam kamar beku, pembuatan cold pack harus menggunakan freezer tersendiri.

b.     Lemari es dan freezer

Lemari es adalah tempat menyimpan vaksin BCG, Td, TT, DT, hepatitis B, Campak dan DPT-HB-Hib, pada suhu yang ditentukan +2 0C s.d. +8 0C dapat juga difungsikan untuk membuat kotak dingin cair (cool pack).

Freezer adalah untuk menyimpan vaksin polio pada suhu yang ditentukan antara -15oC s/d -25oC atau membuat kotak es beku (cold pack). Sistem Pendinginan:

1)        Sistem Kompresi
Pada sistem pendinginan kompresi, lemari es/freezer menggunakan kompresor sebagai jantung utama untuk mengalirkan refrigerant (zat pendingin) ke ruang pendingin melalui evaporator, kompresor ini digerakkan oleh listrik AC 110 volt/220 volt/380 volt atau DC 12 volt/24 volt. Bahan pendingin yang digunakan pada sistem ini adalah refrigerant type R-12 atau R134a.

2)        Sistem absorpsi
Pada sistem pendingin absorpsi, lemari es/freezer menggunakan pemanas litrik (heater dengan tegangan 110 volt AC/220 volt AC/12 Volt DC) atau menggunakan nyala api minyak tanah atau menggunakan nyala api dari gas LPG (Propane/Butane). Panas ini diperlukan untuk menguapkan bahan pendingin berupa amoniak (NH3) agar dapat berfungsi sebagai pendingin di evaporator.

Perbedaan antara sistem kompresi dan absorpsi berdasarkan penggunaan di lapangan dapat digambarkan seperti di bawah ini:

  
Tabel 11. Perbandingan Sistem Kompresi dan Sistem Absorbsi

Sistem Kompresi

Sistem Absorpsi
a. Lebih cepat dingin

a. Pendinginan lebih lambat
b. Menggunakan
kompresor
b.  Tidak menggunakan mekanik
sebagai
mekanik
yang
sehingga  tidak  ada  bagian
dapat menimbulkan aus
yang bergerak sehingga tidak




ada aus
c.  Hanya
dengan
listrik
c.  Dapat  dengan  listrik  AC/DC
AC/DC


atau nyala api minyak tanah




/gas
d. Bila
terjadi
kebocoran
d. Bila  terjadi  kebocoran  pada
pada
sistem

mudah
sistem tidak dapat diperbaiki
diperbaiki




Bagian yang sangat penting dari lemari es/freezer adalah thermostat. Thermostat berfungsi untuk mengatur suhu bagian dalam pada lemari es atau freezer. Thermostat banyak sekali tipe dan modelnya, namun hanya 2 (dua) sistem cara kerjanya.

Cara kerja thermostat:

1)     Cara kerja dengan sistem mekanik
Sensor (1) diletakkan di bagian dalam lemari es/freezer, pada saat suhu di dalam lemari es/freezer menjadi rendah maka gas yang berada di dalam bulb melalui pipa kapiler (2) akan menyusut pula dan tekanannya menjadi turun akibatnya pada bellow akan menyusut dan menarik kontak 4 dan 5, sehingga kompresor menjadi off (berhenti).

Begitu juga sebaliknya bila sensor yang diletakkan di bagian dalam lemari es/freezer, pada saat suhu di dalam lemari es/freezer menjadi naik (panas) maka gas yang berada di dalam sensor melalui pipa kapiler (2) akan mengembang pula dan tekanannya menjadi naik akibatnya pada bellow (3) akan menekan dan mendorong kontak 4 dan 5, sehingga kompresor menjadi on (hidup). Kesalahan pengukuran sekitar + 2%.


2)      Cara kerja sistem elektronik

Sistem kerja thermostat ini menggunakan sensor berupa resistor (tahanan) yang akan menginformasikan keadaan suhu yang dapat divisualisasikan pada layar digital, pengaturan suhu secara elektronik dapat disesuaikan melalui setting sehingga suhu yang dikehendaki dengan mudah dapat diketahui. Termostat ini bekerja dengan sumber power listrik 12 volt atau 220 volt, kesalahan pengukuran + 0,1%.

      Bila suhu pada lemari es sudah stabil antara +2 0C s.d. +8 0C, maka posisi thermostat jangan dirubah-rubah BERI SELOTIP

      Merubah thermostat bila suhu pada lemari es di bawah +2 0C atau di atas +8 0C

      Perubahan thermostat tidak dapat merubah suhu lemari es dalam sesaat
      Perubahan suhu dapat diketahui setelah 24 jam

Bentuk pintu lemari es/freezer:

1)     Bentuk buka dari depan (front opening)
Lemari es/freezer dengan bentuk pintu buka dari depan banyak digunakan dalam rumah tangga atau pertokoan, seperti: untuk meyimpan makanan, minuman, buah-buahan yang sifat penyimpanannya sangat terbatas. Bentuk ini tidak dianjurkan untuk penyimpanan vaksin.

2)     Bentuk buka keatas (top opening)
Bentuk top opening pada umumnya adalah freezer yang biasanya digunakan untuk menyimpan bahan makanan, ice cream, daging atau lemari es untuk penyimpanan vaksin. Salah satu bentuk lemari es top opening adalah ILR (Ice Lined Refrigerator) yaitu: freezer yang dimodifikasi menjadi lemari es dengan suhu bagian dalam +2oC s/d +8oC, hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan volume penyimpanan vaksin pada lemari es. Modifikasi dilakukan dengan meletakkan kotak dingin cair (cool pack) pada sekeliling bagian dalam freezer sebagai penahan dingin dan diberi pembatas berupa aluminium atau multiplex atau acrylic plastic.

Tabel 12. Perbedaan antara bentuk pintu buka depan dan bentuk pintu buka ke atas

Bentuk buka dari depan
Bentuk buka dari atas


a.  Suhu tidak stabil
a.  Suhu lebih stabil


b. Pada  saat  pintu  lemari  es
b. Pada  saat  pintu  lemari  es
dibuka ke depan maka suhu
dibuka  ke  atas  maka  suhu
dingin dari atas akan turun
dingin dari atas akan turun ke
ke bawah dan keluar
bawah dan tertampung


c.  Bila  listrik  padam  relatif
c.  Bila  listrik  pada  relatif  suhu
tidak dapat bertahan lama
dapat bertahan lama





  
Bentuk buka dari depan
Bentuk buka dari atas


d. Jumlah  vaksin  yang  dapat
d. Jumlah  vaksin  yang  dapat
ditampung sedikit

ditampung lebih banyak



e.  Susunan   vaksin
menjadi
e.  Penyusunan vaksin agak sulit
mudah  dan vaksin
terlihat
karena vaksin bertumpuk dan
jelas dari samping depan
tidak jelas dilihat dari atas




c.     Alat pembawa vaksin
1)        Cold box adalah suatu alat untuk menyimpan sementara dan membawa vaksin.

Pada umumnya memiliki volume kotor 40 liter dan 70 liter. Kotak dingin (cold box) ada 2 macam yaitu terbuat dari plastik atau kardus dengan insulasi poliuretan.
2)        Vaccine carrier adalah alat untuk mengirim/membawa vaksin dari puskesmas ke posyandu atau tempat pelayanan imunisasi lainnya yang dapat mempertahankan suhu +2 oC s/d +8 oC.

d.     Alat untuk mempertahankan suhu
1)        Kotak dingin beku (cold pack) adalah wadah plastic berbentuk segi empat yang diisi dengan air yang dibekukan dalam freezer dengan suhu -15 oC s/d -25 oC selama minimal 24 jam.
2)        Kotak dingin cair (cool pack) adalah wadah plastik berbentuk segi empat yang diisi dengan air kemudian didinginkan dalam lemari es dengan suhu +2oC s/d +8oC selama minimal 24 jam

e.     Pemeliharaan sarana Cold Chain

1)        Pemeliharaan harian
a)   Melakukan pengecekan suhu dengan menggunakan thermometer atau alat pemantau suhu digital setiap pagi dan sore, termasuk hari libur.
b)   Memeriksa apakah terjadi bunga es dan memeriksa ketebalan bunga es. Apabila bunga es lebih dari 0,5 cm lakukan defrosting (pencairan bunga es).
c)    Melakukan pencatatan langsung setelah pengecekan suhu pada thermometer atau pemantau suhu dikartu pencatatan suhu setiap pagi dan sore.

2)        Pemeliharaan Mingguan
a)   Memeriksa steker jangan sampai kendor, bila kendor gunakan obeng untuk mengencangkan baut.

b)   Melakukan pengamatan terhadap tanda-tanda steker hangus dengan melihat perubahan warna pada steker, jika itu terjadi gantilah steker dengan yang baru.
c)    Agar tidak terjadi konsleting saat membersihkan badan lemari es, lepaskan steker dari stop kontak.

d)   Lap basah, kuas yang lembut/spon busa dan sabun dipergunakan untuk membersihkan badan lemari es.

e)    Keringkan kembali badan lemari es dengan lap kering.
f)     Selama membersihkan badan lemari es, jangan membuka pintu lemari es agar suhu tetap terjaga 2 s.d. 80C. 
g)    Setelah selesai membersihkan badan lemari es colok kembali steker.
h)    Mencatat kegiatan pemeliharaan mingguan pada kartu pemeliharaan lemari es.

3)        Pemeliharaan Bulanan
a)   Sehari sebelum melakukan pemeliharaan bulanan, kondisikan cool pack (kotak dingin cair), vaksin carrier atau cold box dan pindahkan vaksin ke dalamnya.
b)   Agar tidak terjadi konsleting saat melakukan pencairan bunga es (defrosting), lepaskan steker dari stop kontak.
c)    Membersihkan kondensor pada lemari es model terbuka menggunakan sikat lembut atau tekanan udara. Pada model tertutup hal ini tidak perlu dilakukan.

d)   Memeriksa kerapatan pintu dengan menggunakan selembar kertas, bila kertas sulit ditarik berarti karet pintu masih baik, sebaliknya bila kertas mudah ditarik berarti karet sudah sudah mengeras atau kaku. Olesi karet pintu dengan bedak atau minyak goreng agar kembali lentur.
e)    Memeriksa steker jangan sampai kendor, bila kendor gunakan obeng untuk mengencangkan baut.
f)     Selama membersihkan badan lemari es, jangan membuka pintu lemari es agar suhu tetap terjaga 2 s.d. 8 0C.

g)    Setelah selesai membersihkan badan lemari es colok kembali steker.
h)    Mencatat kegiatan pemeliharaan bulanan pada kartu pemeliharaan lemari es.

a)    Pencairan bunga es dilakukan minimal 1 bulan sekali atau ketika bunga es mencapai ketebalan 0,5 cm.
b)    Sehari sebelum pencairan bunga es, kondisikan cool pack (kotak dingin cair), vaksin carrier atau cold box.
c)    Memindahkan vaksin ke dalam vaksin carrier atau cold box yang telah berisi cool pack (kotak dingin cair).
d)   Mencabut steker saat ingin melakukan pencairan bunga es.
e)    Melakukan pencairan bunga es dapat dilakukan dengan cara membiarkan hingga mencair atau menyiram dengan air hangat.
f)     Pergunakan lap kering untuk mengeringkan bagian dalam lemari es termasuk evaporator saat bunga es mencair.
g)    Memasang kembali steker dan jangan merubah thermostat hingga suhu lemari es kembali stabil (2 s.d. 8 0C).
h)   Menyusun kembali vaksin dari dalam vaksin carier atau cold box kedalam lemari es sesuai dengan ketentuan setelah suhu lemari telah mencapai 2 s.d. 8 0C.

i)     Mencatat kegiatan pemeliharaan bulanan pada kartu pemeliharaan lemari es.